Apa itu Komputer analog? - Definisi

Definisi: Komputer analog adalah komputer itu, yang digunakan untuk memproses beragam data secara terus-menerus. Segala sesuatu yang kita lihat dan dengar terus berubah. Aliran data kontinu yang dapat diubah ini disebut data analog. Komputer analog dapat digunakan dalam aplikasi ilmiah dan industri seperti mengukur arus listrik, frekuensi dan resistansi kapasitor, dll.

Komputer analog yang melakukan operasi aritmatika dengan jumlah yang dapat diukur, seperti gerakan mekanis, rotasi roda gigi, bukan oleh angka. Dalam komputer Analog, data ditransmisikan untuk operasinya dalam bentuk sinyal kontinu, sedangkan pada komputer digital dalam bentuk sinyal diskrit (atau sinyal terputus-putus).

Contoh komputer analog adalah suhu, tekanan, saluran telepon, Speedometer, resistansi kapasitor, frekuensi sinyal dan tegangan dll.

Kata analog berasal dari bahasa Yunani ana-logon, yang berarti "sesuai dengan rasio." Komputer analog menggunakan sinyal analog yang dapat direpresentasikan sebagai gelombang sinus atau gelombang kontinu dan yang berisi jumlah yang bervariasi waktu. Sinyal analog dapat bervariasi dalam amplitudo atau frekuensi sinyal. Nilai amplitudo gelombang analog adalah ukuran intensitas gelombang, terkait dengan titik tertinggi (disebut puncak) dan titik terendah gelombang, sedangkan nilai frekuensi (waktu) adalah panjang fisik dari kiri ke kanan. Contoh sinyal analog adalah suara atau ucapan manusia, melalui kabel tembaga berlistrik.

Perbedaan antara komputer analog dan digital
Komputer analog dan digital keduanya memiliki kegunaan dan penyalahgunaan sendiri. Perbedaan mereka akan dibahas secara rinci di bawah ini.

• Perbedaan mendasar antara komputer analog dan digital adalah bahwa bagaimana mereka memproses data, komputer analog digunakan untuk situasi di mana data tidak akan diubah menjadi digit. Komputer digital berbasis elektronik daripada kontinu dan menggunakan data angka biner yaitu dalam bentuk 0 dan 1. Input dapat dilakukan di komputer pribadi dalam bentuk huruf, angka dan dengan bahasa kode biner.

• Komputer digital menunjukkan hasil dalam bentuk monitor atau perangkat output lain sementara komputer analog menunjukkan hasil dalam bentuk sinyal tegangan.

• Komputer digital menggunakan sirkuit elektronik. Sedangkan komputer analog menggunakan resistor untuk aliran sinyal kontinu.

• Komputer analog tidak dapat menghasilkan hasil berulang dengan kesetaraan yang tepat, yang berarti komputer analog kurang akurat dibandingkan dengan komputer digital.

• Komputer analog digunakan di mana nilai yang tepat tidak selalu diperlukan seperti suhu dan kecepatan. Sedangkan komputer digital digunakan di mana dibutuhkan nilai yang tepat.

• Seperti membandingkan dengan kecepatan, komputer analog lebih lambat dan kurang dapat diandalkan sedangkan komputer digital lebih cepat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel