Cara Menggambar dan Memanipulasi Panah di Microsoft PowerPoint


Apakah Anda perlu menunjuk ke gambar atau bagan untuk penekanan, menunjukkan gerakan, atau menunjukkan aliran proses, PowerPoint menawarkan berbagai bentuk panah. Berikut cara menggunakannya.

Menggambar Bentuk Panah Dasar
Pertama, mari kita tinjau langkah-langkah tentang cara menggambar panah dasar. Pada tab "Sisipkan", klik tombol "Bentuk". Dalam grup "Garis" pada menu tarik-turun, klik opsi "Garis Panah".



Simbol crosshair akan ditampilkan. Tekan dan tahan tombol mouse Anda, lalu seret untuk menggambar panah. Lepaskan tombol mouse untuk selesai menggambar panah.



Inilah hasilnya:



Mengubah ukuran, Memutar, dan Mengubah Warna Panah

Perlu menyesuaikan panah tampak polos Anda? Tidak masalah. Jika Anda tidak mengubah apa pun, panah Anda akan default ke pengaturan normal, yaitu hitam untuk warna dan 3/4 pt untuk lebarnya. Tapi mungkin Anda membutuhkan panah merah tebal, pendek, merah tua, atau panjang, tipis hijau. Anda dapat mengubahnya secara cepat.

Mengubah ukuran Panah

Anda dapat mengubah panjang panah Anda dengan mengklik dan menarik pegangan di kedua ujung panah. Jika Anda tidak ingin panah berputar saat Anda mengubah ukurannya, tahan tombol Shift sambil mengklik dan menarik.



Mengubah Warna Panah

Untuk mengubah warna panah, pertama, klik untuk memilih panah. Pada tab "Format", klik tombol "Bentuk Garis Besar" dan kemudian klik warna pilihan Anda.



Mengubah Ketebalan Panah

Untuk mengubah ketebalan panah, klik tombol "Shape Outline" yang sama, arahkan ke menu "Weight", lalu klik pada ketebalan yang Anda inginkan.



Panah Memutar

Anda dapat memutar panah dengan mengeklik dan menarik pegangan di kedua ujung panah. Itu opsi paling berguna jika Anda perlu memiliki titik panah di objek tertentu dalam presentasi Anda.

Ada beberapa opsi rotasi yang tersedia. Pilih panah dan kemudian beralih ke tab "Format". Klik tombol "Putar" dan pilih opsi rotasi. Melayang di atas setiap opsi memungkinkan Anda melihat pratinjau bagaimana panah Anda akan terlihat.



Untuk lebih banyak opsi rotasi, klik perintah "Opsi Rotasi Lainnya". Dalam opsi "Ukuran" di panel Format Bentuk, Anda dapat menentukan rotasi dalam derajat yang tepat.



Menggunakan Block, Curved, dan Connector Arrows

Anda tidak harus puas hanya dengan panah lurus. Ada banyak lagi jenis panah yang tersedia termasuk panah blok, panah melengkung, dan panah konektor. Mari lihat.

Cara Membuat Panah Blokir

Pada tab "Sisipkan", klik tombol "Bentuk". Di bagian "Blokir Panah" pada menu tarik-turun, klik gaya panah yang Anda inginkan. Dalam contoh ini, kami menggunakan panah blok ke atas.



Pointer Anda berubah menjadi simbol crosshair. Klik dan seret untuk menggambar panah ke ukuran yang Anda inginkan dan lepaskan tombol mouse untuk menyelesaikan.



Anda bisa menggunakan alat pemformatan yang sama dengan yang kita bicarakan di bagian sebelumnya untuk mengubah warna, garis besar, dan sebagainya. Selain itu, Anda dapat mengambil salah satu dari delapan pegangan putih untuk mengubah ukuran panah keseluruhan. Ambil pegangan kuning untuk membentuk kembali kepala dan poros panah secara terpisah.

Cara Membuat Panah Melengkung

Pada tab "Sisipkan", klik tombol "Bentuk". Di bagian "Garis" pada menu tarik-turun, klik salah satu bentuk panah melengkung. Anda akan menemukan satu dengan satu panah, satu dengan dua kepala, dan garis melengkung sederhana tanpa panah.



Pointer Anda berubah menjadi simbol crosshair. Klik dan seret untuk menggambar panah. Lepaskan tombol mouse untuk menyelesaikan.



Setelah menggambar panah melengkung, Anda dapat mengubah kurva dengan menyeret gagang kuning di tengah panah. Di sini, kami menyeretnya ke kanan untuk membuat kurva yang lebih luas.



Untuk opsi panah yang lebih melengkung, lihat panah melengkung di bagian Blok Panah.



Dan ingat, sama seperti bentuk lainnya, Anda dapat menggunakan alat pemformatan standar untuk mengubah warna, garis, dan sebagainya.

Cara Membuat Panah Konektor Lurus

Akhirnya, ada panah penghubung. Ini bagus untuk menghubungkan jenis bentuk yang Anda gunakan dalam diagram alur atau diagram organisasi.

Pada tab "Sisipkan", klik tombol "Bentuk". Di bagian "Garis" pada menu tarik-turun, pilih salah satu panah konektor. Seperti panah melengkung, perbedaannya adalah berapa banyak panah yang Anda inginkan.



Pointer Anda berubah menjadi simbol crosshair. Klik dan seret untuk menggambar panah. Lepaskan tombol mouse untuk menyelesaikan.



Setelah menggambar panah penghubung, Anda dapat mengambil gagang kuning untuk mengubah bentuk panah. Gunakan gagang putih di kedua ujung untuk mengubah panjang bagian panah itu.



Cara Memasang Panah dan Bentuk Bersama

Jika Anda menambahkan panah ke bentuk yang ada, menyatukannya mungkin membantu ketika Anda perlu memindahkannya, memanipulasi mereka, atau menyelaraskannya pada slide. Agar panah dan bentuk tetap terhubung, Anda dapat menggabungkannya. Ini juga membantu membuat panah yang menghubungkan bentuk pada sesuatu seperti diagram alur terlihat lebih mulus. Mari kita lihat bagaimana hal itu dilakukan.

Katakanlah kita memiliki dua bentuk persegi panjang dan kami ingin panah konektor berjalan di antara mereka.



Pada menu "Sisipkan", klik tombol "Bentuk" dan kemudian pilih panah konektor dari menu drop-down. Kami menggunakan panah siku berkepala satu yang sederhana.



Arahkan penunjuk Anda ke bentuk yang Anda inginkan dari panah, dan Anda akan melihat empat pegangan di tepi bentuk menjadi abu-abu.



Klik salah satu pegangan abu-abu dan seret (tahan mouse Anda) untuk mulai membuat panah. Pindahkan penunjuk Anda ke bentuk yang ingin Anda hubungkan ujung panah yang lain, dan Anda akan melihat pegangan abu-abu juga muncul di sana. Posisikan penunjuk Anda di atas satu untuk mengambil panah ke sana dan kemudian lepaskan tombol mouse Anda.



Anda sekarang telah menghubungkan dua bentuk dengan panah.



Keindahan nyata dari memiliki bentuk yang terhubung adalah jika Anda memutuskan untuk memindahkan bentuk, panah tetap terhubung. Tidak perlu mengubah posisi panah sesudahnya.



Dan, tentu saja, Anda dapat menggunakan salah satu trik pemformatan atau reposisi yang telah kami bicarakan di sisa artikel ini pada panah yang terhubung — semuanya tanpa memutus koneksi.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel